Senin, 27 Januari 2014

laporan PKL / Laporan Study Tour


BAB I
PENDAHULUAN
  1. A.    Latar Belakang
Pada tahun 1980 perguruan besar PGRI mendirikan yayasan pembina lembaga pendidikan (YPLP) PGRI pusat dengan tugas diantaranya memberikan pelayanan yang lebih baik dalam rangka pengembangan perguruan tinggi PGRI di seluruh Indonesia. Pendirian YPLP PGRI ini dilakukan melalui akte notaris Mohammad Ali nomor 21 tanggal 31 Maret 1980 di Jakarta.
Sesuai dengan perkembangan zaman, tentunya perguruan tinggi PGRI seluruh Indonesia mengalami berbagai perkembangan. Untuk mengetahui perkembangan Perguruan PGRI seluruh Indonesia maka IKIP PGRI BALI melakukan study banding ke salah satu perguruan PGRI di Jakarta yaitu Universitas Indraprasta (UNINDRA) PGRI.
UNINDRA dipilih sebagai tempat melakukan study banding karena statusnya yang masih bersama-sama bernaung dalam yayasan pembinaan lembaga pendidikan PGRI. Selain itu UNINDRA memiliki status terakreditasi A untuk jurusan matematika dan terakreditasi B untuk jurusan biologi. Sebagai perguruan tinggi swasta yang terletak di Ibukota tentunya lebih cepat ter update dengan perubahan yang terjadi di dunia pendidikan perguruan tinggi.
Study banding ini dilakukan dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan IKIP PGRI BALI khususnya FPMIPA, sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Bali. Perbandingan yang dapat diperoleh seperti dari aspek pendidikan, proses belajar-mengajar, ketersediaan sarana dan prasarana, serta keorganisasian dalam kelembagaan UNINDRA.
Dari hasil studi banding yang telah dilakukan, diharapkan memperoleh banyak masukan yang dapat diterapkan di IKIP PGRI BALI khususnya pada Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Sehingga dapat memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di IKIP PGRI BALI. Oleh karena itu, dengan kegiatan studi banding yang telah dilakukan mampu memberikan kontribusi positif sebagai langkah dalam mewujudkan visi dan misi yang telah dicanangkan oleh FPMIPA IKIP PGRI BALI.
  1. B.     Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang digunakan adalah sebagai berikut:
  1. Bagaimana sejarah berdirinya Universitas Indraprasta PGRI?
  2. Bagaimana kondisi fisik Universitas Indraprasta PGRI khususnya di Fakultas Tekhnik Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam?
  3. Bagaimana kondisi non-fisik khususnya pada susunan kelembagaan dan kurikulum di Universitas Indraprasta PGRI?
C. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan yang dapat kita peroleh sebagai berikut:
  1. Untuk mengetahui sejarah berdirinya Universitas Indraprasta PGRI.
  2. Untuk mengetahui keadaan fisik Universitas Indraprasata khususnya di Fakultas Tekhnik Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
  3. Untuk mengetahui keadaan non-fisik khususnya pada susunan kelembagaan dan kurikulum di Universitas Indraprasta PGRI.
D. Manfaat Penulisan
Adapun manfaat yang dapat kita peroleh, sebagai berikut:
1.     Bagi Mahasiswa
  1. Mahasiswa dapat menambah wawasan dalam penyusunan laporan.
  2. Mahasiswa dapat mengetahui perkembangan UNINDRA PGRI.
2.     Bagi Dosen
  1. Dosen dapat memperluas wawasan tentang kurikulum yang ada di Universitas Indraprasta PGRI.
  2. Dosen dapat memperkaya metode pengajaran yang dapat diterapkan di IKIP PGRI BALI.
3. Bagi Fakultas
  1. Bahan pertimbangan/masukan dalam memajukan fakultas baik itu peningkatan mutu dalam    bidang akademis maupun non-akademis.
  2. Untuk menambah wawasan dalam pengelolaan kelembagaan fakultas, terutama dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada mahasiswa dan peningkatan kualitas proses belajar mengajar